Langkah Mengkalkulasi Umur Kehamilan Dengan cara Manual

Langkah mengkalkulasi usia kehamilan baiknya mesti di ketahui oleh beberapa wanita terlebih beberapa ibu hamil, agar beberapa ibu dapa...


Langkah mengkalkulasi usia kehamilan baiknya mesti di ketahui oleh beberapa wanita terlebih beberapa ibu hamil, agar beberapa ibu dapat menjaga serta melindungi kesehatan janinnya dengan cara lebih optimal. Belum lagi saat ini langkah penghitungan umur kehamilan itu telah dapat dikerjakan dengan beragam jenis langkah, baik lewat cara yang manual dengan memakai rumus atau mungkin dengan memakai piranti keras atau piranti lunak spesifik yang umum dipakai dalam dunia kedokteran. Walau demikian pada umumnya, langkah yang mungkin saja baiknya mesti di ketahui oleh beberapa wanita atau beberapa ibu hamil itu yaitu langkah mengkalkulasi umur kehamilan dengan cara manual. Hal semacam ini karena cara itu tak membutuhkan alat yang rumit serta tentu akhirnya juga cukup akurat. Tahu usia kehamilan itu sangatlah utama di ketahui untuk dapat menyiapkan semua sesuatunya waktu kelahiran serta pasca kelahiran, sekalian untuk memonitor bagaimanakah keadaan janin yang ada didalam kandungan. Serta pada artikel kesempatan ini, kami akan memberi sedikit info pada Anda beberapa wanita atau ibu hamil tentang cara-cara mengkalkulasi usia kehamilan.

  Langkah Mengkalkulasi Umur Kehamilan Dengan cara Manual

Yang pertama kami akan menuturkan pada Anda perihal bagaimana caranya mengkalkulasi umur kehamilan dengan cara manual atau mungkin dengan penghitungan rumus yang memerlukan sebagian data termasuk juga tanggal hari pertama haid paling akhir (HPHT). Walau demikian langkah yang akan kami sampaikan itu yaitu langkah yang disarankan untuk Anda beberapa ibu hamil yang mempunyai siklus menstruasi atau datang bln. teratur, yakni lebih kurang pada 28 hingga 30 hari. Rumus yang dipakai memakai data HPHT itu yaitu rumus Neagele. Dengan memakai rumus itu, Anda dapat juga mengkalkulasi HPL atau hari perkiraan lahir. Jadi Anda dapat memperkirakan serta menyiapkan saat kelahiran buah hati Anda.
Saat ini kita mulai kajian langkah mengkalkulasi usia kehamilan dengan memakai rumus Neagele. Kita umpamanya HPHT atau hari pertama haid paling akhir yaitu “x”. Lalu bulannya kita umpamanya “y” serta th. kehamilan kita umpamanya “z”. Bila bln. ketika Anda alami HPHT itu angkanya kian lebih 3, gunakanlah rumus (x+7) – (y-3) – (z+1). Walau demikian bila bln. waktu Anda alami HPHT itu kurang dari 3, gunakanlah rumus (x+7) – (y+9) – (z).
 Untuk lebih terang memakai langkah mengkalkulasi usia kehamilan dengan rumus neagele itu, kita buat misalnya. Umpamanya saja HPHT yang Anda alami berlangsung pada tanggal 15 April 2014. Jadi rumus yang dipakai yaitu (15+7) – (4-3) – (14+1). Bermakna HPL atau hari perkiraan lahir anak Anda diperkirakan akan lahir pada tanggal 22 – 1 – 15 atau 22 Januari 2015. Gampang sekali, bukan? Walau demikian umpamanya HPHT berlangsung pada 15 Januari 2014, jadi rumus yang dapat Anda pakai yaitu (15+7) – (1+9) – 14. Jadi perkiraan anak Anda akan lahir pada tanggal 22 Oktober 2014.
Lantas bagaimana caranya mengkalkulasi usia kehamilan dengan cara manual untuk tahu berapakah bln. umur atau usia kehamilan? Langkahnya cukup gampang. Jadi umpamanya angka atau tanggal yang Anda peroleh pada penghitungan HPL yaitu 22 Oktober. Gunakanlah saja tanggal 22 itu juga sebagai patokannya. Umpamanya HPHT berlangsung pada bln. April. Jadi sebulan umur kandungan Anda diprediksikan akan berlangsung pada 22 Mei. Demikian selanjutnya hingga saat tanggal kelahiran yang diperkirakan lewat cara mengkalkulasi usia kehamilan memakai rumus neagele itu. Walau demikian spesial untuk HPL atau hari perkiraan lahir, umumnya Anda mesti memperkirakan tenggang waktunya juga lebih kurang plus minus 7 hari.
 Jadi, pengetahuan perihal langkah penghitungan umur kehamilan itu hingga sekarang ini kelihatannya masih tetap kurang dipahami oleh beberapa ibu hamil. Pada rumusnya sangatlah simpel serta gampang diaplikasikan. Walau demikian tidak tidak sering juga di orang-orang ada ibu hamil yg tidak dapat mengkalkulasi lantaran minimnya.kurang tersedianya pendidikan. Tetapi Anda tak perlu cemas lantaran langkah termudah yaitu dengan lakukan pemerikaan ke dokter atau ke bidan untuk tahu berapakah umur kehamilan Anda.
Nah, terkecuali lewat cara itu ada pula cara-cara mengkalkulasi usia kehamilan yang lain yang dapat juga Anda kerjakan dengan cara manual. Walau demikian tingkat keakuratannya memanglah belum meraih 100 %. Nah, salah sat langkah mengkalkulasi usia kehamilan yang lain yaitu dengan langkah mengukur tinggi puncak rahimnya. Langkahnya juga sangatlah gampang serta Anda tak perlu memakai rumus seperti pada rumus neagele tadi. Langkahnya yaitu dengan meraba puncak rahim atau sisi dinding perut yang menonjol. Sistem pengukurannya diawali dari tulang kemaluan s/d puncak rahimnya. Tiap-tiap centimeternya mengisyaratkan umur kehamilan Anda dalam minggu. Jadi umpamanya jarak pada tulang kemaluan hingga ke puncak rahimnya yaitu 20 cm, bermakna umur kandungan Anda diperkirkan telah masuk minggu ke-20. Bila kesusahan mengukur dengan penggaris, Anda dapat juga memakai tangan Anda sendiri juga sebagai alat pengukur yang lebih praktis. Tiap-tiap jari mengisyaratkan umur kehamilan per minggunya. Jadi bila jaraknya 3 jari tangan, jadi diperkirakan umur kehamilan Anda yaitu 3 minggu. Begitupun setelah itu hingga umur kehamilan mendekati sistem kelahiran. Bagaimanakah? Gampang sekali bukanlah langkah menghitungnya?

 Langkah Mengkalkulasi Usia Kehamilan Dengan cara Klinis

Terkecuali lewat cara mengkalkulasi umur kehamilan dengan cara manual, ada pula cara-cara penghitungan atau perkiraan dengan cara klinis yang dapat Anda kerjakan. Langkahnya juga lebih gampang serta tingkat keakuratannya juga mendekati 100 %. Untuk lakukan kontrol itu Anda dapat segera datang ke rumah sakit. Bila waktu mengkalkulasi atau memperkirakan tinggi rahim atau fundus uteri Anda alami kesusahan, Anda dapat datang ke dokter agar dapat dibantu serta akhirnya juga lebih akurat daripada mesti menghitungnya sendiri.
Diluar itu, sistem penghitungan dengan cara klinis dapat juga Anda kerjakan memakai tehnologi USG atau ultrasonografi. Sistem kontrol kehamilan yang dimulai pada th. 70-an itu hingga saat ini masih tetap jadi satu diantara alat penghitung umur kehamilan yang paling akurat. Bahkan juga tidak cuma umur kehamilannya saja, namun dengan memakai kontrol USG Anda dapat tahu bagaimanakah situasi janin Anda didalam kandungan serta bagaimanakah perubahannya tiap-tiap minggu atau tiap-tiap bulannya. Bahkan juga sekarang ini juga telah ada tehnologi 3 dimensi yang sangat mungkin Anda dapat lihat bagaimanakah ekspresi si bayi waktu ada didalam kandungan serta tahu aktivitas bayi sepanjang ada didalam perut sang ibu.
 Jadi, bagaimanakah? Apakah Anda telah memahami perihal bagaimanakah saja langkah mengkalkulasi usia kehamilan, baik lewat cara manual atau mungkin dengan langkah klinis? Tidak dapat disangkal bahwa tahu berapakah umur kehamilan Anda jadi satu diantara hal yang sangatlah utama Anda kenali juga sebagai ibu hamil. Dengan tahu umur kehamilan Anda, sudah pasti akan memberi sebagian keuntungan, salah satunya Anda dapat memonitor perubahan bayi, Anda dapat memperkirakan kapan bayi akan lahir, serta yang lain. Oleh karena itu tak ada kelirunya bila Anda pelajari serta tahu langkah menghitungnya.

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item