Perbedaan antara Hijab, Jilbab dan juga Khimar atau kerudung

Sebagian besar umumnya di masyarakat yang salah mengartikan tentang arti pemahaman tentang istilah hijab,jilbab dan kerudung. Pada umumnya s...

Sebagian besar umumnya di masyarakat yang salah mengartikan tentang arti pemahaman tentang istilah hijab,jilbab dan kerudung. Pada umumnya semua menilai istilah-istilah tersebut memiliki makana atau arti yang sama sebagai fungsi penutup kepala. Padahal sesunggguhnya yang sebenarnya itu adalah berbeda.


Berikut ini penjelasan mengenai makna istilah jilbab, kerudung dan hijab


Pengertian kerudung sudahlah jelas. Kerudung umumnya digunakan oleh para wanita muslim, Tetapi kerudung juga sering dipakai oleh non muslim. Di agama islam sendiri kerudung tidaklah di anjurkan sebab kerudung adalah sebagai penutup kepala saja. Kerudung yang hanya digunakan sebagai penutup kepala saja initidaklah sepanjang Khimar yang mampu menutupi dada wanita sekaligus.

Berbeda dengan wanita yahudi yang umumnya sudah menikah, misnya diwajibkan untuk menutupi rambut mereka, yang sering di sebut atau dikenal dengan nama Tiche atau Snood yang sesuai dengan aturan kesopanan Tzniot.  Awal terdahulu kerudung digunakan juga oleh perempuan kristen yang telah menikah di Eropa pada abad pertengahan bahkan juga digunakan oleh perempuan-perempuan yang belumenikah.

Hampir mirip dengan kerudung, yaitu istilah Khimar. Seperti yang tertera pada surat An-Nur ayat 31 Khimar adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan juga tanpa menutupi bagian wajah. Khimar adalah pakaian sebagai penutup kepala. Desain pada khimar sebagai penutup kepala, leher hingga menjulur kebawah menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan termasuk juga  menutupi dari tulang selangka. Khimar bukanlah yang dikatakan keleher seperti kerudug, maka jika itu dilakakukan makan akan memperjelas lekukan dada dari seorang wanita tersebut. Maka khimara sendiri didesain harus menjulur panjang kebawah dari kepala hingga menutupi selutuh dada.

Pengertian Hijab

Pengertian Hijab menurut Al-Quran yang memiliki arti sebagai penutup secara umum. Allah SWT.
Dalam surat Al Ahzab ayat 59 Yang memerintahkan pada sahabat nabi SAW waktu mereka meminta suatu barang pada istri Nabi SAW untuk memintanya dari balik hijab, Hijab yang berarti umum bisa sebagai pembatas sehingga memag terkadang kata hijab yang dimaksudkan untuk makna jilbab. Adapun makna lain mengenai jilbab adalah sesuatu yang menutupi atau yang menghalangi dirinya. Arti kata hijab yang berasal dari kata Hajaban yang artinya menutupi dengan kata lain Al-hijab adalah benda yang menutupi sesuatu.

Pengertian Jilbab

Sebagai mana yang disimpulkan oleh Al Qurtuby yaitu :jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh" terkecuali wajah dan juga telapak tangan.

Hal tersebut seperti yang tertuang juga pada Firman Allah "Hai Nabi, katakanlah pada istri-istrimu, anak perempuanmu dan istri-istri mukminin,"Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka." Yang demikian lebih mudah dikenal dan tidak mudah di ganggu (A 33:59).

Dari uraian tersebut dapat kita simpulkan bahwa Jilbab bukanlah kerudung, yang melainkan Jilbab adalah Baju jubah ataupun pakaian longgar bagi perempuan untuk menutupi seluruh bagian tubuh atau disebut untuk menutupi aurat perempuan. Oleh sebab itulah, anggapan bahwa Jilbab sama dengan kerudung merupakan sesuatu yang tidak benar yang seharusnya diluruskan.

Tak sedikit perempuan yang mengaku sudah berhijab, Padahal ia hanya berkerudung dikarenakan itu hanya menutupi kepala saja, sedangkan bagian lainna masih terbuka atau meski sudah tertupi namun masih menonjolkan lekuk bagian tubu perempuan itu sendiri dengan memakai pakaian ketat. Maka jelaslah sudah Perbedaan antara Hijab, Jilbab dan juga Khimar atau kerudung. Sebab jilbab tak sekedar sebagai penutup kepala hingga dada, Melainkan untuk melindungi seluruh tubuh terkecuali wajah dan telapak tangan.

Related

Catatanku 4073624045804539554

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item